Workshop Pengembangan Game Edukasi UMSIDA

Era Industri 4.0 seperti saat ini merupakan waktu yang krusial bagi para guru untuk mencetak para peserta didiknya menjadi generasi milenial yang kekinian. Selain mampu menguasai materi ajar, guru juga dituntut dapat menyampaikan materi secara efektif. Oleh karena itulah beberapa waktu lalu para mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) khususnya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan mengadakan seminar dan workshop pengembangan game edukasi sebagai bekal awal para calon guru dalam menyiapkan media ajar mereka nantinya.

Sesi tanya jawab seputar pengembangan game edukasi

Proses pembuatan game edukasi selama 90 menit

Acara tersebut dimulai dengan seminar yang membahas seputar game edukasi di masa kini, baik urgensinya hingga bagaimana membuat media pembelajaran yang baik berbasis game edukasi.


Acara dilanjutkan dengan workshop pembuatan game edukasi menggunakan aplikasi Adobe Flash. Hanya dalam waktu sekitar 90 menit para peserta workshop sudah mampu menghasilkan sebuah game edukasi yang dapat dijalankan di platform PC maupun smartphone mereka.

Interface Game Penjumlahan hasil dari workshop

Hamsyah Musthofa (CEO Savoxit) menerima cinderamata dari Bpk. A. Ahfas, M.Kom (Dosen UMSIDA)

Acara diakhiri dengan pemberian hadiah kepada kelompok workshop yang menghasilkan karya game edukasi terbaik dan pemberian cinderamata oleh dosen UMSIDA kepada narasumber.


Harapannya, semoga seusai acara tersebut para peserta mampu mengembangkan lagi pengetahuan yang telah didapat.

Swafoto bersama para peserta seminar & workshop